Wednesday, December 7, 2011

Airvan42: Home / / Guns N' Roses

Guns N' Roses



Guns N' Roses mendapatkan sound gabungan hard rock/heavy metal gaya Led Zeppelin dan Aerosmith dengan keindahan blues dan country gaya Rolling Stones. Di era hair metal akhir 80an dimana band-band memainkan musik sederhana dengan mengandalkan wajah-wajah manis, Guns N' Roses memainkan musik rock yang kompleks dan "jelek", dan menyingkirkan wajah-wajah manis berdandanan tersebut dari kancah rock. Bad attitude yang mereka proyeksikan menyebalkan banyak pihak namun memenangkan massa penggemar yang sangat besar. Bahaya kerusuhan dalam konser mereka menciptakan mereka julukan "band paling berbahaya di dunia". Dengan tren musik yang mengarah ke hip hop, Guns N' Roses merupakan band legendaris rock & roll terakhir.

Band dibentuk tahun 1985 di Los Angeles oleh penyanyi Axl Rose, gitaris Tracii Guns, gitaris Izzy Stradlin, bassist Ole Beich (kemudian diganti Duff McKagan) dan drummer Rob Gardner. Nama diambil dari gabungan dua band yang mereka main sebelumnya - Hollywood Rose dan L.A. Guns. Sewaktu Tracii Guns dan Rob Gardner berhadangan datang ke salah satu show di Seattle, Rose mengajak gitaris Slash dan drummer Steven Adler yang baru dia kenal untuk bergabung. Tahun berikutnya, Slash dan Adler resmi bergabung dan membentukkan formasi Guns N' Roses yang paling terkenal.

Band menendatangani kontrak dengan Geffen Records dan album debut A
ppetite for Destruction dirilis Agustus 1987. Sewaktu dirilis, single "Welcome to the Jungle" kurang diminati, tapi setelah bos Geffen Records David Geffen menelepon MTV untuk meminta penambahan waktu penayangan, "Welcome to the Jungle" di-request terus-menerus. Single kedua ,"Sweet Child of Mine", mendapatkan penayangan berat baik radio maupun MTV dan menjadi smash hit. "Welcome to the Jungle" kemudian dirilis ulang dan sewaktu "Paradise City" muncul, album sudah mencapai no. 1 berkat tur yang sukses. Baik "Welcome to the Jungle", "Sweet Child O' Mine" dan "Paradise City" ketiga-tiganya menjadi single top 10. Sampai hari ini, Appetite for Destruction telah terjual 20 juta unit lebih dan menjadi album debut terlaris sepanjang masa. Cover album asli terdapat ilustrasi surreal berakhirnya sebuah pemerkosaan. Setelah diprotes, desain diganti dan unit yang terlanjur dijual menjadi barang koleksi langka.

Tahun 1988, Guns N' Roses diundang untuk tampil di Monster of Rock Festival di Castle Donington, Inggris bersama Megadeth, KISS dan Iron Maiden. Sewaktu Guns N' Roses muncul di pentas, 100.000 penonton mulai melompat dan mendesak kedepan sampai dua penonton terinjak mati. Band meneruskan permainan karena tidak mengetahui insiden itu. Guns N' Roses menjadi bintang dalam festival tersebut dengan penampilan luar biasa.

Perilaku anggota band selalu menjadi sorotan media. McKagan, Slash dan Adler sering terlihat teler diatas dan dibawah panggung. Slash dan McKagan bahkan muncul di American Music Awards bergaya mabuk dan mengucapkan kata kasar. Geffen Records meminta perilaku mereka diperbaiki. Rose juga mengancam akan membubarkan band jika mereka terus-menerus mabuk dan mengonsumsi ob
at secara berat.

Tahun itu juga mereka rilis EP G N' R Lies, yang separuh dari album merupakan rekaman live dari EP Live ?!*@ Like a Suicide yang dirilis tahun 1986 dan separuhnya lagi berisi lagu-lagu akustik.

Tahun 1990, Guns N' Roses kembali ke studio untuk merekam album baru yang berambisi besar. Selama sessi rekaman, drummer Steven Adler tidak sanggup menjalankan tugasnya akibat kecanduan cocaine dan heroin dan dipecat. Posisinya diganti Matt Sorum, drummer The Cult. Disaat yang sama, keyboardist Dizzy Reed masuk sebagai anggota penuh. Band merekam materi yang cukup banyak untuk sebuah album ganda, tapi kemudian memutuskan merilis Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II secara individual. Tahun 1991, Use Your Illusion I naik ke
posisi 2 di chart dan Use Your Illusion II naik ke posisi 1. Menyusul peluncuran album, band menjalankan tur yang panjang dan sukses hingga 1993.

Tahun 1991, Izzy Stradlin mengundurkan diri dari band karena tidak cocok lagi dengan Rose. Dia diganti gitaris dari Los Angeles Gilby Clarke. Namun setelah The Spaghetti Incident dirilis, Gilby Clarke juga meninggalkan band. Band kemudian merekam "Sympathy for the Devil" dari Rolling Stones untuk soundtrack film Interview with the Vampire. Rose
memasuki teman lamanya, Paul Tobias, untuk mengisi posisi Clarke. Tobias memasuki solo gitarnya sebagai mix final lagu tersebut dan membuat Slash tersinggung. Slash akhirnya keluar dari band pada tahun 1996 dan posisinya diganti Robin Finck. Tahun berikutnya, drummer Matt Sorum juga dipecat setelah bertengkar dengan Rose dan dinyusul perginya Duff McKagan. Saat itu, Rose ditinggal menjadi anggota tunggal Guns N' Roses.

Tahun 1998, Axl Rose kembali ke studio dengan gitaris Robin Finck (eks Nine Inch Nails), gitaris Paul Tobias, bassist Tommy Stinson (eks The Replacements), keyboardist Dizzy Reed, drummer Josh Freese (The Vandals) dan ahli sound effect Chris Pitman. Tahun 1999 mereka rilis lagu "Oh My God" untuk soundtrack film End of Days. "Oh My God" direncanakan berfungsi sebagai lagu perkenalan album baru Chinese Democracy, namun album tersebut tidak kunjung selesai dan sampai hari ini sudah memakan waktu lebih dari 10 tahun dan biaya 13 ju
ta dollar AS.

Ahli gitar avant-garde, Buckethead, bergabung dengan Guns N' Roses untuk bertampil di konser Las Vegas dan Rock in Rio Festival pada 2001. Paul Tobias meninggalkan band karena frustasi atas penundaan album yang tiada batasnya dan posisinya diisi Richard Fortus (eks Psychedelic Furs). Tahun 2002, band menjadi headline di beberapa festival dan konser di Asia dan Eropa, dan kemudian sebuah tur di Amerika untuk mendukung Chinese Democracy. Maret 2004, Buckethead meninggalkan band sehingga band harus membatalkan jadwal mereka di Rock in Rio pada Mei 2004.

Pebruari 2006, beberapa demo Guns N' Roses yang berjudul "Better", "Catcher In The Rye", "I.R.S." dan "There Was a Time" bocor ke internet. Bulan itu juga, band mengu
mumkan akan memulai tur ke Eropa bulan Mei untuk menjadi headline di Download Festival dan Rock in Rio. Sebelum berangkat ke Eropa, empat pertunjukan pemanasan dilakukan di kota New York, dengan Bumblefoot bergabung menjadi lead guitarist menggantikan posisi Buckethead. Sewaktu di New York, Rose muncul dalam acara radio Friday Night Rock dan mengungkapkan Chinese Democracy akan dirilis musim gugur 2006 dan disertai tur Amerika.

(wikipedia/rollingstones)


  1. Welcome To The Jungle
  2. Sweet Child O' Mine
  3. Patience
  4. Paradise City
  5. Knockin' On Heaven's Door
  6. Civil War
  7. You Could Be Mine
  8. Don't Cry
  9. November Rain
  10. Live And Let Die
  11. Yesterday
  12. Ain't It Fun
  13. Since I Don't Have You
  14. Sympathy For The Devil

NOTE:
Do you like this song ?, do not forget to buy the cassette / cd or ringtone list, rbt or its NSP. because this blog just for hobby and artist promotion and music.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Post a Comment